5 Cara Meningkatkan Penjualan Bisnis, Anda Bisa Klik Di Sini!

January 14, 2022 by No Comments

Menurut Anda sebagai pebisnis, bagaimana cara meningkatkan penjualan yang paling efektif? Apakah dengan melakukan campaign tertentu? Atau memaksimalkan kanal online yang kini sedang populer? Atau justru mengambil langkah konvensional dengan meletakkan brand di berbagai titik temu dengan pelanggan?

Pada dasarnya tak ada cara meningkatkan penjualan yang salah, selama masih dalam koridor konsep pemasaran yang Anda ikuti. Namun demikian persoalan terletak pada cara mana yang paling efektif, bisa diperkirakan hasilnya, dan memiliki potensi paling besar?

Nah, di sini, Anda akan sedikit mengetahui lebih jauh mengenai beberapa cara meningkatkan penjualan bisnis yang Anda miliki. Simak selengkapnya.

Branding Kuat, Kunci Sukses Di Pasar

Memiliki brand yang kuat bisa jadi langkah besar dalam rangka peningkatan penjualan produk Anda. Dengan kekuatan brand yang besar, maka kesempatan untuk menjadi top of mind di pasar akan menjadi lebih tinggi sehingga produk lebih mungkin jadi opsi pertama.

Tentu hal ini harus didukung dengan riset dan pengembangan produk yang intensif, sehingga bisa terus menonjol di antara produk sejenis. Di saat yang bersamaan, Anda juga tak boleh melupakan untuk peningkatan layanan serta perhitungan harga yang cermat.

Well, pada dasarnya brand yang kuat disusun dari semua elemen produk dan bisnis, jadi secara umum, tingkatkan kualitas bisnis dan produk Anda.

Cara Meningkatkan Penjualan : Saatnya Ekspansi Pasar!

Penting untuk sebuah produk memiliki segmen atau ceruk pasar utama yang jadi sumber pemasukan utama. Tapi untuk meningkatkan penjualan, mungkin sudah saatnya untuk produk atau bisnis Anda melakukan ekspansi pasar yang lebih luas.

Bagaimana caranya?

Selain membuat varian baru dari produk yang bisa menjangkau calon pelanggan potensial lebih luas, Anda juga bisa membuat produk baru untuk merengkuh pasar baru. Tak mudah memang prosesnya, namun ketika berhasil hal ini bisa meningkatkan penjualan dengan sangat signifikan.

Ekspansi pasar atau perluasan pasar bukanlah hal yang asing bagi suatu produk. Coba saja lihat produk mi instan paling populer di Indonesia, berapa jumlah varian rasa yang ditawarkan? Hal ini juga dalam rangka merengkuh segmen pasar yang lebih luas.

Tapi Jangan Lupakan Pelanggan Loyal

Memperluas pasar dengan ekspansi, varian produk baru, atau produk yang benar-benar baru memang bisa jadi solusi atau cara meningkatkan penjualan. Namun jangan pernah lupakan pelanggan loyal Anda yang sudah lama jadi pengguna produk.

Pelanggan setia merupakan satu segmen pasar yang perlu dikelola dengan baik, dan terus dijaga loyalitasnya. Pasalnya pelanggan seperti ini selain membeli produk Anda, juga berpotensi jadi ‘agen pemasaran’ dengan word of mouth berdasarkan kepuasan penggunaan produk.

Semakin puas pelanggan setia, maka semakin besar pula potensi penyebaran informasi produk di lingkungan yang lebih besar.

Analisa, Rencanakan, Optimasi

Untuk penggunaan media pemasaran sendiri, Anda bisa melakukan analisa sebagai langkah awal. Sederhananya, Anda bisa melihat media yang digunakan kompetitor untuk melakukan kegiatan pemasaran. Di sana Anda akan mendapatkan insight mengapa media tersebut digunakan.

Setelah mendapatkan data awal, lakukan analisis lebih mendalam dan sesuaikan dengan produk dan target pasar Anda. Rencanakan dengan baik langkah demi langkah yang akan dilakukan, dan perhitungkan semua hal hingga cermat.

Setelah ditemukan rumus atau formula yang dirasa tepat, lakukan optimasi dengan dasar analisa dan data yang sudah didapatkan. Memang terdengar klise untuk meningkatkan penjualan. Tapi secara logika ketika aktivitas pemasaran berhasil, maka penjualan juga akan meningkat dengan sendirinya.

Bundling Produk agar Pelanggan ‘Diuntungkan’

Masuk ke dalam salah satu strategi penjualan yang cukup efektif, adalah dengan memberikan bundling pada produk yang Anda miliki. Dua produk dalam satu kemasan dengan harga yang lebih terjangkau, akan lebih menggoda untuk pelanggan Anda.

Tentu keuntungan yang didapatkan akan sedikit menurun, namun bisa diharapkan penjualan produk akan meningkat ketika strategi ini diterapkan. Pastikan juga harga yang dipasang untuk bundle produk ini tetap masuk akal dan memberikan keuntungan yang sesuai.

Ketika membeli dua produk dalam satu kemasan atau bundle dengan harga lebih terjangkau daripada membeli produk satu-satu, maka ada rasa diuntungkan dari sisi pelanggan. Padahal secara bisnis, hal ini ditujukan untuk meningkatkan penjualan produk secara umum.

Win-win solution bukan?

Pada akhirnya, cara-cara meningkatkan penjualan ini wajib diadaptasikan dengan tujuan bisnis dan produk yang Anda miliki. Secara garis besar memang demikian yang bisa dilakukan, namun dengan kelebihan dan nilai produk yang berbeda-beda, praktek cara di atas bisa saja berbeda-beda.

Mengetahui beberapa cara meningkatkan penjualan di atas semoga bisa jadi informasi yang berguna untuk Anda dan bisnis Anda. Tentu saja, pada bagian hilir juga diperlukan optimasi, dengan memberikan kemudahan dan jaminan keamanan pada pembayaran. Jokul by DOKU, akan jadi salah satu partner bisnis terbaik Anda. Menyediakan layanan pengelolaan pembayaran serta pencatatan yang detail, Jokul selalu memberikan yang terbaik untuk pelanggan dan bisnis Anda!