CARA MENANAM SAYUR DENGAN CARA FERTIGASI UNTUK ANDA PARA PENGUSAHA JASA PERTANIAN

January 28, 2022 by No Comments

Membuka usaha jasa pertanian di pasar digital UMKM dapat menjadi Langkah awal untuk anda para pemula di jasa pertanian sebagai usaha pertama anda menjajali dunia pertanian. Kemudahan bertransaksi serta pembeli pasti menjadi keuntungan dari website pengadaan barang dan jasa BUMN ini. Jasa pertanian serta usaha lainnya menjadi lebih mudah dengan anda mempromosikannya lewat platform resmi KBUMN ini.

Cara menanam sayur pertama secara fertigasi untuk anda para pengusaha jasa pertanian di Pasar digital UMKM yaitu Menyiapkan Media Tanam, Sebelum melakukan penanaman sayur fertigasi, Anda perlu menyiapkan media tanam dengan baik agar sayur tumbuh optimal. Media tanam yang perlu disiapkan seperti lahan tanam, plastik mulsa, dan polybag. Pilihlah lahan tanam yang dapat terkena matahari, karena sayuran membutuhkan sinar matahari untuk proses fotosintesis. Setelah itu, bersihkan lahan dari gulma serta tanaman yang mengganggu lainnya. Pastikan lahan tanam jauh dari area laut, karena beberapa sayuran akan rusak jika terkena air asin. Buatlah bedengan pada lahan agar tidak terjadi becek ketika musim hujan.

Cara menanam sayur kedua secara fertigasi untuk anda para pengusaha jasa pertanian di Pasar digital UMKM yaitu Penanaman Bibit Sayuran, Anda bisa mendapatkan bibit sayuran dengan membelinya di toko pertanian. Rendam biji sayuran terlebih dahulu di air yang dicampur dengan Zpt auksin serta fungisida sistemik hingga satu jam, setelah itu keringkan kembali. Ayak tanah sampai halus lalu masukkan biji sayuran pada pot kecil sekitar 2-3 biji per pot. Lakukan penyiraman secara rutin dan biarkan sayur tumbuh. Untuk tanaman yang masih muda, lebih baik tidak terkena sinar matahari secara langsung. setelah 2 minggu anda bisa memindahkan tanaman ke dalam polybag yang lebih besar. Berilah lubang tanam polibag dengan pupuk NPK grower dan KNO3 dosis rendah. Lepas plastik terlebih dahulu, lalu tanam sayuran di polybag. Pemindahan tanaman ini dilakukan pada sore hari. Agar sayuran tidak terinfeksi dengan jamur, Anda bisa melakukan pergantian bibit yang mati dan meningkatkannya dengan fungisida sistemik selama 3 hari sejak penanaman.

Cara menanam sayur ketiga secara fertigasi untuk anda para pengusaha jasa pertanian di Pasar digital UMKM yaitu Pasang Sistem Pengairan, Anda bisa memasang selang di setiap tanaman. Agar air mengalir Anda bisa lakukan 2 cara yaitu menggunakan pompa air atau menempatkan penampungan air pada posisi yang lebih tinggi. Arahkan selang pada setiap tanaman. Hal tersebut memudahkan Anda untuk melakukan tahap pengairan tanaman.

Cara menanam sayur empat secara fertigasi untuk anda para pengusaha jasa pertanian di Pasar digital UMKM yaitu Perawatan Tanaman, Agar hasilnya maksimal, Anda perlu melakukan perawatan pada tanaman sayur fertigasi, seperti memberi pupuk susulan dan menanggulangi hama serta penyakit. Pupuk susulan ditujukan agar tanaman dapat tumbuh dengan cepat. Anda bisa mengocorkan pupuk NPK grower atau ZA sembari menggunakan semprotan POC untuk menyuplai kebutuhan berupa unsur hara mikro. Untuk menanggulangi hama dan penyakit pada tanaman, Anda bisa menggunakan Penanganan Hama Terpadu atau PHT.

Cara menanam sayur lima secara fertigasi untuk anda para pengusaha jasa pertanian di Pasar digital UMKM yaitu Panen Tanaman Sayur, Anda bisa memanen tanaman sayur fertigasi pada waktu 2 bulan sejak menanamnya (tergantung jenis sayur). Agar tanaman memiliki kandungan air banyak dan lebih tahan angkut, Anda mesti melakukan pengairan sebelum panen. Semprotkan fungisida untuk satu kali panen sayur, agar jamur tidak tumbuh akibat luka pemetikan daun.